Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WISATA KULINER DALAM INDUSTRI PARIWISATA

Dalam Industri pariwisata, wisata kuliner merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun bagi turis dari mancanegara.

Pecinta wisata kuliner biasanya orang-orang yang secara khusus datang ke suatu tempat atau daerah dan mencari makanan-makanan khas dari daerah tersebut. Biasanya mereka ingin tahu bagaimana proses makanan tersebut dibuat, bumbu-bumbu dasar yang digunakan, seperti apa metode memasaknya seperti merebus, mengukus, menggoreng ataupun memanggang. Selain itu juga, penyajian makanan itu sendiri yang biasanya menjadi daya tarik bagi mereka. Misalnya seperti cara penyajian Nasi tumpeng, nasi rames, nasi gudeg dan lain- lain sebagainya.

Bagi turis mancanegara, makanan Indonesia sangat eksotis untuk lidah mereka. Mereka menemukan banyak kejutan rasa yang jarang mereka dapatkan di makanan atau masakan mereka sehari-hari. Tetapi lama kelamaan, biasanya mereka mulai dapat menikmati cita rasa dari  makanan Indonesia tersebut. Bahkan mereka akan ketagihan untuk makanan-makanan tertentu seperti durian dan pete. Selain itu, ada juga bumbu-bumbu tertentu yg dirasa asing bagi indra perasa mereka, seperti terasi, kencur, jinten dan lain sebagainya.

Indonesia memiliki kekayaan alam dan keberagaman suku dan budaya sehingga Indonesia juga memiliki beragam ciri khas masakan yang berbeda-beda di tiap daerahnya. Hal ini lah yang membuat beberapa masakan indonesia terkenal sampai ke mancanegara seperti Rendang, Nasi Goreng, Sate, Soto, Bakso, Gudeg, dan lain-lain.

Sumber Foto : Kompas.com

Selain masakan ada juga minuman khas Indonesia yang mendunia seperti es cendol, jamu, sekoteng, wedang uwuh dan masih banyak lagi jenisnya.

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa wisata kuliner adalah mengunjungi suatu tempat atau daerah yang selain dapat untuk berwisata juga sekaligus dapat menikmati masakan tradisional yang khas dari daerah tempat wisata tersebut.

BACA JUGA :

BAKSO KOTA CAK MAN DI KOTA MALANG

NASI GORENG KEBULI APJAY PAK IVAN DI CIKINI


Posting Komentar untuk "WISATA KULINER DALAM INDUSTRI PARIWISATA"